5 tempat wisata telaga di Dieng

5 tempat wisata telaga di Dieng
3 (60%) 2 vote[s]

Dieng menyimpan sejumlah telaga alam yang indah, berikut ini merupakan 5 tempat wisata telaga di Dieng yang paling indah yang bisa bikin betah para pengunjungnya.

Telaga pengilon

telaga pengilon
telaga pengilon dieng

Sudah banyak diketahui bahwa di kawasan Dataran Tinggi Dieng memang terdapat banyak sekali telaga yang bisa kita kunjungi. Telaga ini juga hampir sebagian besar aman dikunjungi karena tidak terlalu mengeluarkan bau menyengat belerang. Hampir semua telaga ini berada diantara perbukitan yang ada di Dieng.

Pada saat sedang pergi ke Dieng, kita juga tidak boleh melewatkan salah satu telaga yang ada di Dieng. Telaga ini adalah Telaga Pengilon yang memang merupakan telaga yang cukup indah dan juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Dari telaga ini juga kita bisa menikmati keindahan Dieng dengan udara sejuk dan juga suasana hening yang akan semakin menambah suasana berwisata yang tenang.

Lokasi telaga Pengilon

Lokasi yang ada pada telaga ini adalah lokasi yang cukup dekat dengan lokasi lainnya. Telaga ini memang berada persis di samping telaga warna. Sehingga wisatawan yang sedang berkunjung ke telaga warna juga bisa langsung sekaligus mengunjungi Telaga Pengilon ini. Jarak tempuh ke telaga ini melalui pusat kota Dieng adalah sekitar 20 menit.

Asal mula nama Telaga Pengilon

Banyak orang yang selalu memberikan nama pada sebuah daerah. Begitu juga pada telaga ini dimana pada telaga ini diberikan nama Pengilon yang dalam bahasa Jawa diartikan sebagai Ngilo. Untuk nama ini sendiri, Ngilo berarti bercermin. Tentu saja telaga ini diberi nama ini karena memang bisa digunakan untuk bercermin.

Bercermin di Telaga Pengilon

Ada banyak cerita yang beredar mengenai telaga ini, salah satunya adalah ketika sedang ada orang yang bercermin pada telaga ini dan terlihat cantik maka itu artinya ia memiliki hati yang baik. Sementara itu juga jika ada orang yang bercermin dan terlihat buruk maka ia diyakini juga memiliki hati yang buruk. Mitos ini memang sudah berkembang dengan luas di kawasan telaga ini.

Sekilas jika kita melihat dari udara atau dari ketinggian, kedua telaga ini memang seperti nampak kembar pada waktu tertentu. Akses ke telaga ini juga sudah mudah karena jalanan sudah cukup baik dan tidak terlalu terjal. Jangan lupa untuk mengambil foto di sekitar telaga ini karena sangat indah sekali pastinya. Gunakan gaya terbaik Anda dalam mengambil gambar sekitar telaga ini.

Telaga Merdada

Pemandangan di kawasan Dataran Tinggi Dieng memang tidak pernah ada habisnya. Hal ini juga yang akan membuat banyak orang menyukai kawasan dataran tinggi ini. Selain itu suhu udara yang rendah juga akan membuat banyak orang jadi lebih tenang berada di kawasan ini. Tidak hanya untuk menginap atau menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, kawasan ini juga sangat cocok sekali bagi mereka yang ingin mengeksplorasi dataran paling tinggi di Pulau Jawa ini.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi sekitaran kawasan wisata ini, salah satunya adalah wisata di berbagai telaga yang ada di Dieng. Salah satu telaga yang bisa kita kunjungi di Dieng adalah Telaga Merdada. Ini merupakan telaga yang cukup luas. Sayangnya memang belum banyak orang yang tahu mengenai pesona telaga ini sehingga bisa dibilang telaga ini masih cukup sepi.

Lokasi Telaga Merdada

Jika melihat dari segi lokasi memang sebenarnya telaga ini letaknya tidak terlalu jauh dari telaga lainnya hanya perlu menempuh sekitar 15 menit perjalanan. Telaga ini tepatnya berada di sisi barat pegunungan Dieng. Mengenai desanya sendiri telaga ini masuk ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur. Jarak dari pusat desa ke telaga ini adalah sekitar 3 km.

Telaga terluas

Telaga ini juga masuk menjadi salah satu telaga paling luas yang ada di Dieng, luas telaga ini mencapai 21 hektar. Ketika mengunjungi telaga ini memang kita akan merasakan udara dingin yang cukup menusuk. Pada pagi hari suhu udara di telaga ini bisa mencapai 10 derajat. Lokasi ini juga merupakan salah satu lokasi yang cukup baik untuk mengambil berbagai foto.

Kegunaan air telaga

Air telaga ini memang sangat penting sekali bagi masyarakat di kawasan Dieng karena memang dari air telaga ini juga menjadi sumber mata air bagi para sawah. Menggunakan air telaga ini juga para petani bisa mengaliri sawah ini. Dahulunya juga di kawasan ini sempat terdapat beberapa pabrik jamur yang terkenal. Namun karena adanya masalah ekonomi sampai akhirnya pabrik jamur ini tutup bangunannya masih tersisa sampai sekarang ini. Untuk masuk ke telaga ini kita hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Jadi sudah bisa menikmati pemandangan yang indah.

Telaga Dringo

Berwisata ke Dieng rasanya tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi beberapa telaga yang ada di kawasan ini. Salah satu telaga yang memang sangat terkenal sekali adalah Telaga Dringo. Banyak orang yang memang juga belum datang ke telaga ini karena menurut beberapa orang letak telaga ini juga cukup jauh. Akan tetapi jangan khawatir karena sekarang banyak paket wisata Dieng dengan adanya paket ke Dieng menjadikan kita lebih bersemangat menuju ke telaga ini.

Kawasan telaga ini masih sangat asri sekali udaranya dan juga akan membuat kita jadi lebih mudah dalam menjalankan perjalanan ke telaga ini. Jangan khawatir karena memang lokasi telaga ini bisa dibilang sangat baik untuk berkemah. Bagi yang akan menuju ke Telaga Dringo ada baiknya juga membaca sedikit informasi mengenai telaga ini.

Lokasi Telaga Dringo

Lokasi dari telaga ini tepatnya berada di desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawasan telaga ini berada di ketinggian 2200 meter diatas permukaan laut. Ketika mengunjungi telaga ini pastinya udara sejuk dan segar akan begitu terasa. Selain itu juga biasanya akan ada kabut yang menyelimuti kawasan telaga ini. Jadi penting sekali untuk menyiapkan pakaian dingin yang ada pada telaga ini.

Pemandangan indah

Kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga sangat menarik perhatian sekali. Jika melihat dari ketinggian memang kita akan sangat takjub sekali dengan pemandangan yang ada pada telaga ini. Air telaga yang berwarna biru tua yang dipadukan juga dengan warna hijau menambah pemandangan indah yang ada pada telaga ini. Selain itu juga di sekitaran telaga ini juga terdapat beberapa pegunungan yang masih hijau dan asri.

Asal usul nama Dringo

Jika melihat beberapa objek wisata yang ada di kawasan Dieng ini memang tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui asal usul namanya. Seperti telaga ini yang konon katanya nama Dringo sendiri berasal dari nama tanaman yang tumbuh di sekitar telaga ini secara alami. Sehingga banyak warga sekitar yang akhirnya menyebutkan bahwa telaga ini merupakan telaga Dringo.

Lokasi kemah

Ketika berada di kawasan ini kita juga bisa melakukan kemah yang akan membuat suasana liburan jadi lebih menyenangkan. Selain itu juga kemah di kawasan ini sangat menyenangkan karena udara yang ada pada kawasan ini sangat sejuk dan dingin. Sehingga kita harus menyiapkan perbekalan yang banyak untuk melakukan kemah.

Untuk menuju ke kawasan telaga ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi yang akan membuat kita lebih mudah mencapai telaga ini. Jangan khawatir karena memang telaga ini juga sudah banyak mulai diketahui orang sehingga kita bisa menanyakan pada orang sekitar pada saat menuju telaga ini.

Telaga Menjer

Apakah Anda saat ini sedang mencari referensi tempat wisata yang menarik dan masih ada di kawasan Pulau Jawa? Tidak perlu khawatir karena kita bisa berwisata ke kawasan Dataran Tinggi Dieng yang merupakan kawasan yang cukup indah dan menarik sekali. Ini merupakan kawasan paling tinggi yang ada di Pulau Jawa. Jadi sudah dapat dibayangkan jika berada di kawasan ini kita akan merasakan udara yang cukup dingin.

Ada banyak sekali objek wisata yang bisa kita rasakan di kawasan wisata ini yang akan membuat kita jadi lebih mudah. Salah satu objek wisata andalan adalah telaga, jadi jangan khawatir karena memang berwisata ke telaga ini akan membuat kita jadi lebih nyaman. Begitu banyak telaga yang ada di Dieng ini mengharuskan kita memilih mana telaga yang terbaik. Salah satu telaga yang bisa kita kunjungi adalah Telaga Menjer.

Lokasi telaga Menjer

Lokasi telaga ini memang cukup berbeda dengan telaga lainnya yang sudah masuk ke beberapa wilayah daerah. Khusus telaga ini masih masuk dalam kawasan Wonosobo. Telaga ini terletak di Desa Maron dan Kecamatan Garung. Letak telaga ini memang 12 km dari utara kota Wonosobo. Sehingga telaga ini masih dibilang tidak terlalu tinggi. Ketinggian telaga ini adalah 1.300 mdpl yang memang masih cukup rendah jika dibandingkan dengan telaga lain yang ada di kawasan Dieng.

Manfaat telaga Menjer

Jika berkunjung ke telaga ini memang kita akan menemukan beberapa mesin besar, ini merupakan mesin pembangkit listrik tenaga air. Memang telaga ini sudah lama dimanfaatkan sebagai sebuah pembangkit listrik dimana banyak warga yang juga bergantung pada telaga ini. Air yang ada pada telaga ini juga bisa mengairi irigasi sawah yang ada.

Aktivitas di Telaga Menjer

Jika berkesempatan mengunjungi telaga ini, maka kita bisa melakukan beberapa olahraga air pada telaga ini yang akan membuat kita jadi lebih merasakan suasana berlibur. Telaga ini memiliki luas sekitar 70 ha. Sehingga banyak sekali lokasi olahraga air dan juga wisata air yang disediakan di telaga ini. Kedalaman air disini mencapai 45 meter dalamnya.

Telaga Cebong

telaga cebong
telaga cebong

Bila sekarang ini Anda masih bingung untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di Dieng, salah satu pilihan yang paling tepat untuk Anda pilih ialah Telaga Cebong. Telaga Cebong ialah salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Dieng. Telaga Cebong memang begitu terkenal sehingga telaga ini tidak pernah sepi pengunjung. Letak Telaga Cebong berada di sebelah tempat parkir Sikunir. Telaga Cebong memiliki bentuk seperti Cebong sehingga warga yang berada di sekitarnya menamai dengan Telaga Cebong. Ketika musim liburan tiba, banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktunya di Telaga Cebong ini.

Telaga tertinggi

Telaga Cebong memang bisa disebut sebagai sebuah telaga yang memiliki lokasi sangat tinggi bahkan tertinggi di kawasan Dieng dengan ketinggian 2.300 meter dari atas permukaan laut. Bila dihitung secara administratif, Telaga Cebong masuk di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Desa tempat Telaga Cebongberdiri ini juga merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan luas wilayah 2,65km persegi. Desas desus mengatakan, Telaga Cebong ini terbentuk karena aktivitas vulkanik dan bekas kawah purba. Awalnya Telaga Cebong mempunyai luas 18 ha, namun karena adanya proses abrasi, luas Telaga Cebong menjadi 12 ha.

Menariknya Telaga Cebong

Telaga Cebong memiliki lokasi yang begitu strategis. Karena strategisnya lokasi ini, mudah bagi kita orang awam untuk menemukannya. Selain memiliki lokasi yang cukup strategis, Telaga Cebong berada di jalur utama pendakian sehingga sering dijadikan tempat beristirahat para wisatawan yang turun dari Sikunir. Di sepanjang tepian Telaga Cebong juga dijadikan sebagai tempat berkemah. Ada begitu banyak tenda yang berjejer di bibir telaga, terlebih bila Anda berkunjung ketika weekend, Anda akan melihat ratusan tenda yang dipenuhi wisatawan pemburu sunrise.

Aktivitas di Telaga Cebong

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Telaga Cebong. Banyak mereka yang membuat api unggun dan duduk-duduk sembari menahan terpaan hawa dingin yang sangat menusuk tulang. Jangan salah, wisatawan yang berkunjung ke Telaga Cebong ini bukan hanya wisatawan yang berasal dari sekitar Wonosobo, banyak pula wisatawan yang berasal dari Surabaya, Semarang dan Jakarta yang menikmati indahnya Telaga Cebong. Selain membuat api unggun, seringnya mereka mengadakan berbagai acara hiburan tari-tarian khas Wonosobo.

Indahnya Telaga Cebong

Bila Anda menginginkan berkemah di sekitar Telaga Cebong, Anda tidak perlu kesusahan untuk membawa tenda dari rumah. Karena warga disekitarnya banyak yang menyediakan sewa tenda dan menyediakan kayu bakar untuk api unggun. Jadi, semua hal sudah tersedia. Wisatawan dapat menikmati suasana malam yang sangat indah dan mengesankan di Wonosobo. Ketika pagi hari, Telaga Cebong juga sering dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan banyak yang melepas lelah sembari berjalan di tepi telaga.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *